Kamis, 19 Desember 2013

MANAGEMENT



A.    Pengertian Organisasi, Management dan Manager
Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Organisasi ialah kumpulan dua orang atau lebih yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan bersama. Dan pada prinsipnya setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
a.       Orang-orang (sekumpulan orang),
b.      Kerjasama,
c.       Tujuan yang ingin dicapai,

Management ialah proses pengkoordinasian aktivitas kerja beberapa seseorang sehingga kerja bisa terselesaikan secara efektif dan efesien. Management ialah usaha yang dilakukan secara sistematis untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan Pengertian Manajemen dari beberapa literature sebagai berikut :
a.       Menurut Goerge R. Terry dan Leslie W. Rue dikemukakan bahwa : Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
b.      Menurut James A F Stoner dalam bukunya Management, diungkapkan bahwa : Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
c.       T. Hani Handoko menyimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling).
Dengan demikian, manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
Manager ialah orang yang mengkoordinir aktivitas kerja untuk mencapai tujuan organisasi selain itu manager ialah seseorang yang bekerja dengan dan melalui orang lain.
B.     Macam-macam Management
Ø  Administrasi ialah sebuah tindakan atau proses pengaturan melakukan tata kelola sebuah organisasi.
Ø  Kerja yaitu tindakan atau proses untuk bekerja secara sistematis dan bersama.
Ø  Konflik ialah tindakan atau proses untuk meningkatkan konsolidasi/ kesatuan sebuah organisasi demi menciptakan dinamika dalam beroganisasi.
Ø  Waktu ialah tindakan atau proses yang dilakukan untuk membuat sebuah perencanaan kerja maupun dalam memilih atau membuat sebuah keputusan.
Ø  Emosi ialah tindakan atau proses yang dilakukan untuk menempatkan perasaan dalam situasi dan kondisi yang tepat.
C.    Aktivitas atau Fungsi Management
Secara khusus manajemen organisasi mempunyai dua tugas utama yaitu efektivitas dan efisiensi, dimana :
1.      Effective is to do the right something. Dimana efektif merupakan pencapaian tujuan atau target.
2.      Efficiens is to do the something right . sedangkan efisien adalah cara dalam mencapai tujuan atau taget tersebut dengan memperkecil pengeluaran atau pemborosan sehingga dalam menjalankan roda organisasi dengan menggunakan sedikit mungkin sumber daya namun mencapai tujuan yang maksimal.


Aktivitas utama atau fungsi utama manajemen adalah :
1. Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa.
Gagal dalam merencanakan artinya merencanakan kegagalan, sehingga lebih baik bersimbah keringat di saat latihan daripada bersimbah darah di medan perang.
2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien. (T.Hani Handoko)
Sedangkan fokus pada tahap pengorganisasian adalah :
a.       Apa saja tugas yang harus diselesaikan?
b.      Siapa yang yang mengerjakannya?
c.       Bagaimana tugas-tugas dikelompokkan?
d.      Siapa melapor ke siapa?
e.       Dimana keputusan harus dibuat?
3. Pengarahan (Leading/Actuating)
4. Pengontrolan (controlling)
Pengawasan dapat didefinisikan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan manajemen tercapai
D.    Bagaimana menjalankan Management Organisasi dengan baik
Ø  Pemahaman Job Description
Ø  Pemahaman Stuktur Organisasi
Komunikasi dan pertemuan yang Intens

Tidak ada komentar:

Posting Komentar