A.
Pengertian
Organisasi, Management dan Manager
Organisasi berasal dari kata organon dalam
bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan
para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga
dapat saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan
kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan
mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Organisasi ialah kumpulan
dua orang atau lebih yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk mencapai
tujuan bersama. Dan pada prinsipnya
setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
a. Orang-orang
(sekumpulan orang),
b. Kerjasama,
c. Tujuan
yang ingin dicapai,
Management ialah
proses pengkoordinasian aktivitas kerja beberapa seseorang sehingga kerja bisa
terselesaikan secara efektif dan efesien. Management ialah usaha yang dilakukan
secara sistematis untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan Pengertian Manajemen dari beberapa
literature sebagai berikut :
a.
Menurut
Goerge R. Terry dan Leslie W. Rue dikemukakan bahwa : Manajemen adalah suatu
proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu
kelompok orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang
nyata.
b.
Menurut
James A F Stoner dalam bukunya Management, diungkapkan bahwa : Manajemen
adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
c.
T.
Hani Handoko menyimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan
sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan
mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan
(planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau
kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan
(controlling).
Dengan demikian, manajemen adalah proses merencanakan,
mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan
menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang
sudah ditetapkan.
Manager ialah orang yang mengkoordinir aktivitas kerja untuk mencapai
tujuan organisasi selain itu manager ialah seseorang yang bekerja dengan dan
melalui orang lain.
B.
Macam-macam
Management
Ø
Administrasi ialah sebuah tindakan atau proses pengaturan
melakukan tata kelola sebuah organisasi.
Ø
Kerja yaitu tindakan atau proses untuk bekerja
secara sistematis dan bersama.
Ø
Konflik ialah tindakan atau proses untuk
meningkatkan konsolidasi/ kesatuan sebuah organisasi demi menciptakan dinamika
dalam beroganisasi.
Ø
Waktu ialah tindakan atau proses yang dilakukan
untuk membuat sebuah perencanaan kerja maupun dalam memilih atau membuat sebuah
keputusan.
Ø
Emosi ialah tindakan atau proses yang dilakukan
untuk menempatkan perasaan dalam situasi dan kondisi yang tepat.
C.
Aktivitas
atau Fungsi Management
Secara khusus manajemen organisasi mempunyai
dua tugas utama yaitu efektivitas dan efisiensi, dimana :
1. Effective
is to do the right something. Dimana efektif merupakan pencapaian tujuan
atau target.
2. Efficiens
is to do the something right . sedangkan efisien adalah cara dalam mencapai
tujuan atau taget tersebut dengan memperkecil pengeluaran atau pemborosan sehingga
dalam menjalankan roda organisasi dengan menggunakan sedikit mungkin sumber daya
namun mencapai tujuan yang maksimal.
Aktivitas utama atau fungsi utama manajemen
adalah :
1. Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan
kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana,
dan oleh siapa.
Gagal dalam merencanakan artinya
merencanakan kegagalan, sehingga lebih baik bersimbah keringat di saat latihan
daripada bersimbah darah di medan perang.
2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk
merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi
tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan
organisasi dapat dicapai dengan efisien. (T.Hani Handoko)
Sedangkan fokus pada tahap pengorganisasian adalah :
a. Apa saja tugas yang harus
diselesaikan?
b. Siapa yang yang mengerjakannya?
c. Bagaimana tugas-tugas
dikelompokkan?
d. Siapa
melapor ke siapa?
e. Dimana
keputusan harus dibuat?
3. Pengarahan (Leading/Actuating)
4. Pengontrolan (controlling)
Pengawasan dapat
didefinisikan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan
manajemen tercapai
D.
Bagaimana
menjalankan Management Organisasi dengan baik
Ø
Pemahaman Job Description
Ø
Pemahaman Stuktur Organisasi
Komunikasi dan
pertemuan yang Intens
Tidak ada komentar:
Posting Komentar